Publisher
Publisher atau penayang iklan adalah orang atau pemilik situs web yang sudah terdaftar atau sudah disetujui
oleh pihak pengelola aplikasi periklanan untuk memasang iklan AdSense di situs
mereka. Publisher yang menayangkan iklan google disebut publisher google
adsense. Sebelumnya publisher google adsense harus mendaftar dulu ke Google Adsense
dan baru bisa menayangkan iklan google di situs web mereka setelah aplikasi
disetujui. Setiap publisher google adsense hanya diperbolehkan memiliki satu
akun google adsense, namun mereka diperbolehkan memasang iklan google di semua
situs mereka yang memenuhi persyaratan program google adsense.
Ad Units
Yang
dimaksud dengan Ad Units adalah iklan AdSense itu sendiri. Ad Units terdiri
dari beberapa jenis dan beberapa ukuran. Yang paling umum adalah jenis iklan
teks. Pada saat pengunjung mengklik unit iklan ini, maka (jika sah) pemasang
iklan akan mendapatkan pemasukan sesuai dengan nilai CPC-nya.
Link Units
Link
Units hampir sama dengan Ad Units, hanya saja formatnya mirip dengan format
menu yang biasa kita temui di situs-situs web. Yang membedakan Link Units
dengan Ad Units adalah pada saat pengunjung meng-klik iklan ini, maka ia akan
diarahkan pada halaman hasil pencarian di search engine Google. Publisher baru
akan mendapatkan pemasukan apabila pengunjung mengklik salah satu Ad Unit yang
ada di halaman tersebut. Pada prakteknya, Link Units terbukti menghasilkan
pemasukan lebih banyak dibandingkan Ad Units biasa.
AdSense for Content
AdSense
for Content adalah iklan AdSense yang dipasang di dalam suatu halaman.
Iklan-iklan yang muncul adalah iklan-iklan yang berhubungan dengan isi halaman
tersebut. Atau istilahnya menggunakan konsep kontekstual. Ad Units dan Link
Units adalah yang termasuk dalam AdSense for Content ini.
Alternate Ads
Pada
AdSense for Content, iklan tidak selalu muncul. Sebabnya antara lain bisa
karena memang stok iklan yang berhubungan dengan isi situs sudah habis atau
Google tidak dapat memperkirakan apa isi situs itu sebenarnya. Jika ini
terjadi, secara default, yang ditampilkan adalah iklan layanan masyarakat atau
sering dikenal dengan istilah PSA (Public Service Ads). Karena bertipe
donasi, maka jika diklik, iklan ini tidak menghasilkan apa-apa bagi publisher.
Untuk mengatasinya, Google memperbolehkan
kita untuk memasang Alternate Ads atau iklan alternatif. Jika Ad Units yang
dibuat telah diatur dengan menggunakan Alternate Ads, maka apabila Ad Units
tersebut tidak dapat tampil, yang muncul adalah iklan alternatif yang telah
diatur sebelumnya.
Channels
Channels
adalah semacam label yang dapat diberikan pada Ad Units, Link Units, AdSense
for Search, dan Referrals. Satu unit iklan dapat memiliki lebih dari satu
label, dan sebaliknya, satu label dapat digunakan untuk lebih dari satu unit
iklan. Di halaman laporan Google AdSense,
hasil laporan akan dikelompokkan berdasarkan Channels, sehingga penggunaan
Channels akan sangat memudahkan publisher untuk menganalisa performa AdSense
mereka. Umumnya, publisher akan memberikan nama Channels yang sama pada
unit-unit iklan yang ada di satu situs. Jika ingin lebih detail, sah-sah saja
untuk memberikan nama Channels yang berbeda pada setiap unit iklan di
masing-masing situs. Yang perlu diingat, maksimal jumlah Channels yang
diperbolehkan saat ini adalah 200 kanal.
Page Impressions
Page
Impressions adalah jumlah yang menunjukkan berapa kali halaman yang mengandung
Ad Units dibuka oleh pengunjung. Nilainya tidak terpengaruh oleh kuantitas Ad
Units yang ada di dalam halaman yang bersangkutan.
Clicks
Clicks
adalah jumlah klik pada Ad Units milik publisher. Dalam halaman laporan
AdSense, publisher dapat melihat total klik yang ia dapatkan, maupun
berdasarkan Ad Units atau Channelnya.
CTR (Clickthrough Rate)
CTR adalah perbandingan dalam persen antara jumlah klik yang
diterima suatu Ad Units dengan jumlah tampilan Ad Units tersebut. Misalnya,
satu Ad Units yang ditampilkan 40 kali dan diklik 10 kali memiliki nilai CTR
25% (10:40).
CPC (Cost Per Click)
CPC adalah jumlah uang yang akan didapatkan oleh publisher apabila
Ad Units tertentu diklik. Nilai CPC masing-masing Ad Units berbeda dan
ditentukan oleh banyak faktor, termasuk performa dan kualitas situs milik
publisher. Namun secara umum, nilai maksimal yang mungkin adalah 20% dari nilai
tawaran dinamis yang ditawarkan oleh pemasang iklan.
eCPM (Effective CPM)
eCPM atau CPM (Cost Per Million) adalah hasil pembagian antara
jumlah pendapatan publisher dengan jumlah impresi halaman (per 1.000) yang ia
dapatkan dari iklan-iklannya. Sebagai contoh, publisher yang menghasilkan USD
200 dari 50.000 impressi akan memiliki nilai CPM sebesar USD 4 (USD 200 dibagi
50).
sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/AdSense
0 komentar:
Posting Komentar
Terima kasih anda telah memberikan komentar, karena komentar anda akan membuat sejauh mana blog ini bermanfaat bagi orang banyak :)